MANUSIA DAN AGAMA

bagaimana manusia mulai mengenal agama dan bagaimana pula agama berkembang menjadi berbagai macam aliran dan ajaran kebenaran.

pada mulanya adalah animisme dan dinamisme, pengetahuan dasar mengenai perjalanan dan kehidupan roh setelah kematian.

manusia terdiri dari jasmani dan rohani. jazad dan roh. roh adalah bungkus dari nyawa (sumber dan daya hidup), suksma (budi pekerti dan ilmu pengetahuan) dan roh luhur roh sejati (guru sejati, Tuhan).

manusia yang mengenali jatidiri rohnya sudah tidak perlu beragama. sudah mengetahui kemana tempat kembali dan tinggal menunggu saat hari kebangkitannya setelah mati. rohnya telah sempurna menjadi roh jatidiri manusia sempurna, yaitu ilahiah. setara dengan Tuhan. Sang Khalik, pencipta Alam Semesta.

pada dasarnya manusia adalah Tuhan itu sendiri. manusia perlu menyempurnakan asal usul kejadiannya dari tanah berubah jadi biji bijian, tumbuh menjadi tanaman, evolusi berubah menjadi hewan tingkat rendah hingga hewan tingkat tinggi dan menyempurnakan diri menjadi manusia sejati berjatidiri. yaitu Tuhan.

banyak manusia tersesat jalan karena lupa diri, tidak belajar asal usul penciptaan dirinya. terjebak hawa nafsu duniawiyah lupa kehidupan setelah kematian. maka manusia jenis ini yang akhirnya memenuhi dunia, mati hidup kembali lahir menjadi bayi, menjadi dewasa dan tua akhirnya mati tidak pernah berhenti belajar kesejatian.

jaman hindu.

akhirnya dari perjalanan mengenal roh, mengenal siapa pencipta, yaitu para dewa. ada dewa baik dan dewa jahat, para buto dan bethara. bahwa cikal bakal dan pangkal kejahatan adalah rombongan para dewa sendiri. kesalahan penciptaan, tercipta angkara murka.

jaman filsafat 

jaman reneissance : kebutuhan hidup manusia tidak hanya makan dan minum, tetapi membutuhkan kenyamanan hidup, transportasi dan telekomunikasi.

jaman kristen

jaman islam


to be continued, ...

0 komentar:

Powered By Blogger

Postingan Populer